Fakultas Kehutanan Universitas Jambi dan PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI) tandatangani MoU Hutan Pendidikan

Rektor Universitas Jambi, Prof. Aulia Tasman, M. Sc mengesahkan kerjasama antara Fakultas Kehutanan Universitas Jambi (Fahutan UNJA) dengan PT REKI dalam bidang pendidikan. Kerja sama tersebut berbentuk pengelolaan bersama Hutan Pendidikan yang berada di dalam konsesi PT REKI seluas 1087.81 Ha. Kawasan Hutan Pendidikan yang memiliki porsi hutan sekunder tinggi seluas 660.12 Ha tersebut akan digunakan sebagai pusat penelitian dan pendidikan Fakultas Kehutanan. Selain itu, keberadaan hutan pendidikan yang bekerja sama dengan PT REKI ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar hutan.

tmp_3261-IMG_20151222_114658-247900871

Kita sebagai Fakultas Kehutanan merasa bahwa hutan pendidikan adalah sesuatu yang penting karena tidak mungkin mendidik mahasiswa tanpa pengenalan terhadap hutan.” (Dekan Fakultas Kehutanan)

 

Keberadaan hutan pendidikan sebenarnya diinisiasi oleh Bapak Rektor Universitas Jambi, Prof. Aulia Tasman, M.Sc bersama dengan pihak dari PT REKI. Rektor menanggapi kegiatan ini dengan sangat baik. Rektor mengaku bangga dengan Fahutan meski masih berumur muda sudah banyak menciptakan kreasi dan program kerja fakultas seperti Hutan Pendidikan.

Kerja sama antara Fahutan UNJA diharapkan semakin menguat terutama dari 32 alumni yang telah lulus, beberapa lulusan telah bekerja di PT REKI. Dengan adanya hutan pendidikan, sebagai fakultas baru Fahutan berusaha mengcreate hal-hal baru agar para alumninya mampu bekerja di lapangan dengan baik. Tidak hanya dengan hutan pendidikan, Fahutan UNJA juga telah melaksanakan magang (lingkup Jambi dan luar Jambi) untuk mendidik mahasiswanya ‘betah’ di hutan. Program pendidikan lainnya yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru yakni praktek Pengenalan Ekosistem Hutan (PEH) sebagai salah satu upaya mengenalkan mahasiswa baru terhadap hutan mulai dari hutan mangrove, dataran rendah sampai pegunungan.

Please like & share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *