Hidup Berdampingan dengan Gajah

Hidup Berdampingan dengan Gajah

Pada 2 Maret 2015 lalu, tepatnya hari kamis diadakan Kuliah Umum mengenai Gajah Sumatera oleh salah satu NGO Internasional FZS di Universitas Jambi. Mahasiswa peserta yang dominan dari Fakultas Kehutanan UNJA terlihat sangat antusias mendengarkan pengalaman lembaga tersebut bekerja sama dengan gajah selama ini. Antusiasme itu terlihat dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan mereka kepada pemateri.

Kuliah umum bersama FZS

Kuliah umum bersama FZS

Gajah Sumatera (Eleplhas maximus sumatranus) merupakan salah satu satwaliar yang hidup di sepanjang lanskap Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Gajah Sumatera telah dilindungi sejak lama karena jumlah populasinya yang terus menurun. Sejak tahun 1931 perlindungan terhadap gajah ini disahkan melalui Ordonansi Perlindungan Binatang-binatang Liar yang kini dikenal sebagai Undang-undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Kini IUCN menetapkan status gajah Sumatera menjadi kritis/sangat terancam punah (critically endangered). Naiknya status satwa karismatik ini disebabkan oleh berkurangnya habitat hidup gajah yang berujung pada terbatasnya ketersediaan pakan mereka. Penyempitan habitat satwa berbelalai panjang ini dipicu oleh berbagai bentuk kegiatan manusia seperti perubahan fungsi hutan untuk berbagai kepentingan. Kompetisi memperebutkan ruang hidup antara manusia dan gajah juga seringkali menimbulkan konflik. Dampak yang ditimbulkan sangat merugikan bagi keduanya, baik manusia maupun gajah.

Hidup di sekitar dan berdampingan dengan gajah memerlukan pengetahuan yang memadai dan tindakan yang terencana agar tidak muncul konflik. Masyarakat harus mengenali dan memahami waktu gajah melintasi suatu area yang berhubungan dengan masyarakat, pola reproduksi (dengan tanda fisik yang bisa dikenali) ketika berhadapan langsung, dsb. Membuat pagar gajah, menara intai, sistem alarm, cahaya pembatas disebut sebagai beberapa solusinya.

Please like & share:
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *