Sejarah

Salah satu sumberdaya alam terbesar di Indonesia yang dikelola dan belum dimanfaatkan secara berkelanjutan, yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat, sekaligus berfungsi sebagai paru-paru dunia adalah Sumberdaya Hutan. Berdasarkan tataguna hutan kesepakatan dari 130,8 juta ha hutan di Indonesia, maka seluas 20,481 juta ha atau 20,2% terdapat diwilayah Sumatera. Berdasarkan SK Gubernur Propinsi Jambi Nomor 108/1998 tanggal 7 April 1998 luas kawasan hutan di Propinsi Jambi 2.179.440 ha (42.73% dari luas daratan).

Kerusakan sumberdaya hutan yang bersifat masif akan merugikan proses pembangunan nasional  dan daerah yang pada giliranya akan mengancam keseimbangan ekosistem global. Kondisi ini merupakan tantangan yang berat dan usaha yang sungguh-sungguh. untuk mengelola dan merehabilitasi hutan kembali.     

Untuk mencapai pengelolaan sumberdaya hutan yang berkelanjutan maka diperlukan sumberdaya manusia berbasiskan pengetahuan ilmu kehutanan yang baik dan handal. Berdasarkan hal tersebut maka Fakultas Pertanian Universitas Jambi membuka Program studi Kehutanan. Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi No.  154/D/T/2009  Tanggal 6 Februari 2009 selanjutnya Program Studi Kehutanan diubah menjadi Fakultas Kehutanan Universitas Jambi (FAHUTAN UNJA) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 92/UN21/OT/2014 tanggal 17 Februari 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pengelolaan Ekosistem Sumberdaya Hutan Tropis