VISI

     Mengacu pada  Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia  Nomor 41 Tahun 2018 Tentang Statuta Universitas Jambi pasal 25 bahwa visi Universitas Jambi adalah A World Class Entrepreneurship University. Maka Visi Fakultas kehutanan juga diperbaharui bersamaan dengan perubahan Visi PS kehutanan yaitu “Menjadi lembaga Pendidikan bidang kehutanan yang inovatif, profesional  dan berdaya saing global berbasis kewirausahaan

MISI

  1.  Mengembangkan sistem pendidikan kehutanan dan profesi yang inovatif dan berkualitas sehingga mampu menghasilkan lulusan yang profesional, bermoral, dan  mandiri dalam mengelola ekosistem dan sumberdaya hutan berkelanjutan.
  2.  Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta profesionalisme dengan memanfaatkan potensi ekosistem dan sumberdaya hutan yang tersedia secara lokal berbasiskan kewirausahaan.
  3. Mengembangkan pengabdian masyarakat yang berkualitas dan profesional dalam upaya membangun berbagai produk dan desain peningkatan kesejahteraan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan hutan berbasiskan potensi lokal.

TUJUAN

  1. Membuka dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berkembang menjadi masyarakat modern yang berakhlak mulia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang ilmu kehutanan.
  2. Mengembangkan sumber daya manusia yang berilmu, kreatif, berdisiplin, bermoral dan beretika, berdedikasi tinggi, dan mampu menyesuaikan diri serta bersaing dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang kehutanan.
  3. Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang kehutanan dan mengupayakan penggunaannya dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan masyarakat serta melestarikan dan memperkaya sumberdaya hutan.
  4. Mengembangkan suasana demokratis yang mendukung kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan secara bertanggung jawab.
  5. Mengembangkan dan memantapkan tata kelola organisasi yang sehat dan baik.
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang ilmu kehutanan

SASARAN dan STRATEGI PENCAPAIANNYA

Lulusan Fakultas Kehutanan diterima bekerja di sektor kehutanan dan/atau berusaha secara mandiri dalam usaha bidang kehutanan dan bidang lain yang terkait secara profesional. Adapun strategi yang dikembangkan oleh Fakultas Kehutanan untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif, efektif dan efisien berbasis potensi ekosistem dan sumberdaya hutan Sumatera.
  2. Meningkatkan pengalaman lapangan mahasiswa secara konsisten melalui berbagai program pembelajaran terstruktur sehingga lulusan tidak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan tetapi juga pengalaman empiris dan ketrampilan dalam pengelolaan ekosistem sumberdaya hutan secara profesional.
  3. Membangun kampus-kampus lapangan yang khas sesuai dengan sebaran dan jenis ekosistem hutan tropis. Kampus lapangan tersebut dibangun bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, Perusahaan dan Unit KPH dan Pemerintah Daerah dalam Provinsi Jambi.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder kehutanan terkait baik instansi pemerintah. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun dunia usaha sebagai penggunan lulusan dalam upaya pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan.
  5. Meningkatkan profesionalisme dan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara terus menerus melalui pelatihan dan pendidikan lanjutan.
  6. Membangun dan meningkatkan jaringan kerjasama penelitian internasional dan publikasi nasional dan internasional dengan melibatkan staf pengajar dan mahasiswa.
  7. Menyelengarakan kerjasama pendidikan dengan Perguruan Tinggi penyelenggara pendidikan kehutanan di Indonesia dalam hal pengembangan kurikulum dan praktek lapang/magang
  8. Meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalui pendidikan kewirausahaan yang berbasis ouput dan pelibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan pelatihan entrepreneurship, kepemimpinan, kerjasama penelitian dan penyediaan bahan unit bisnis usaha kehutanan.